09 April 2019 21:15:44
Ditulis oleh Admin

Bimtek Penghitungan dan Pemungutan Surat Suara Pemilu 2019

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rengel, PPK Rengel menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) diadakan selama 3 hari pada tanggal 5-7 April 2019. pada hari Minggu (7/4/2019) adalah jadwal bagi KPPS desa Punggulrejo dan Desa Sumberjo. 

 

Bimbimbingan Teknis yang diselengarakan oleh tim PPK Kecamatan Rengel, dihadiri oleh anggota KPPS dari seluruh Desa yang ada di Rengel. Kegiatan Bimtek ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Rengel.

 

Suwandi, selaku ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rengel, mengatakan, bahwa kegiatan bimtek ini diselengarakan untuk anggota KPPS dari 16 desa yang ada di Kecamatan Rengel.

 

Lebih lanjut, Suwandi mengatakan bahwa Bimtek ini merupakan bimbimbangan untuk memperkuat pemahaman anggota KPPS terkait hal teknis yang akan dikerjakan dalam proses pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

TPS sebagai tempat pemungutan dan penghitungan suara tingkat pertama harus dipastikan penyelenggaraannya tidak bermasalah. Jika ada permasalahan, tentu akan berdampak pada rekap di tingkat selanjutnya. Tidak berlebihan jika mengatakan KPPS adalah ujung tombak penyelenggaraan di tingkat bawah. Mengapa, karena di TPS kemenangan atau kekalahan para peserta pemilu dapat diketahui.

 

Hasil penghitungan suara akan direkap secara berjenjang mulai dari tingkat desa sampai nasional. Sekali lagi, munculnya permasalahan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan atau bahkan nasional tidak dapat dilepaskan dari penyelenggaraan pemilihan di TPS. Proses pemungutan dan penghitungan suara harus dipahami oleh anggota KPPS.

 

Dalam kesempatan tersebut, anggota KPPS sebagai peserta Bimtek diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara pengisian beberapa blangko sebagai bukti akhir hasil pemungutan dan penghitungan suara.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus