17 Agustus 2019 21:49:12
Ditulis oleh Admin

Malam Tirakatan di Desa Punggulrejo

Punggulrejo.desa.id Setiap tahunnya, Indonesia mengadakan peringatan kemerdekaan di bulan Agustus. Pada tanggal 17 Agustus, negara dan instansi pemerintahan baik negeri maupun swasta secara serentak melaksanakan upacara bendera untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Di malam sebelumnya, yaitu tanggal 16 Agustus.

Lagi-lagi sebagai warga negara Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, setiap malam 17 Agustus kita biasa melakukan prosesi acara/ritual yang disebut "Malam Tirakatan". Mulai dari pelosok-pelosok daerah sampai ke kota-kota besar

Salah satunya yang melaksanakan malam tirakatan adalah Desa Punggulrejo, hampir setiap RT mempunyai agenda malam tirakatan sendiri - sendiri. Meskipun acara yang serupa juga dilaksanakan oleh pemerintah Desa Punggulrejo di Balai Desa. 

Tirakatan bukanlah acara yang formal. Tirakatan dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia sehingga saat ini masyarakat dapat berkumpul secara aman dan makan bersama dengan tenang tanpa ada gangguan dari penjajah. 

Dalam malam Tirakatan Acara yang disuguhkanpun beraneka ragam, ada yang berupa hiburan, lomba, dzikir dan doa, kondangan/kenduri dan lain-lain. Sebagai penutupnya biasanya disuguhkan hidangan-hidangan yang beragam.

Kegiatan ini merupakan penerapan nilai-nilai gotong royong dan kerukunan dari warga karena semua yang dipersiapkan ialah dari, oleh dan untuk warga itu sendiri.

tirakatan telah menjadi tradisi di masyarakat. Tujuannya juga positif, yaitu untuk terus bersyukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia dan juga mempererat kekeluargaan di tengah masyarakat.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus