17 Agustus 2019 22:51:41
Ditulis oleh Admin

Uniknya Upacara Sangsaka Merah Putih di Desa Punggulrejo

Punggulrejo.desa.id - Pada tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah dan penuh makna dimana pada tanggal tersebut tertuang perjuangan rakyat Indonesia pada tahun 1945 untuk tanah air Indonesia. Untuk menghormati jasa para pahlawan pada saat itu, maka rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu mengadakan kegiatan yang bertemakan HUT RI seperti upacara pengibaran bendera merah putih dan kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Salah satunya seperti kegiatan yang diadakan di Dusun Beron Desa Punggulrejo kabupaten Tuban yang bertempat disalah Satu Pertigaan Jalan Desa Punggulrejo, tepatnya di dusun Beron Kegiatan Tersebut adalah upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Detik detik Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 diperingati secara khidmat seluruh warga yang hadir di Pertigaan jalan Dusun Beron Desa Punggulrejo, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Dengan penuh khidmat, warga yang menjadi peserta upacara, memberikan penghormatan pada sang saka Merah Putih yang berkibar. Tak mau kalah dengan upacara resmi kenegaraan, langkah tegap pengibar bendera dan pembacaan teks Proklamasi pun berjalan sempurna tepat pada pukul 08.00 WIB.

Yang unik dari upacara ini, Petugas dan inspektur Upacara adalah perpaduan antara unsur pemuda dan para senior ( orang-orang dewasa) dan mencakup semua unsur masyarakat, dan yang paling menarik perhatian adalah paskibraka (pengibar bendera), para paskibraka ini adalah para ibu-ibu  yang cantik jelita.

“Kami ingin menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi pada seluruh masyarakat. Khususnya, generasi muda bangsa Indonesia. Karena dengan kecanggihan teknologi saat ini, generasi milenial mulai mengalami degradasi terhadap persatuan dan kesatuan bangsanya. Jangan sampai rasa nasionalisme di jiwa tergerus,Peran generasi muda yang unggul, sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di masa mendatang. NKRI harus kita jaga bersama sampai kapan pun,” ungkap salah satu panitia.

Upacara semacam ini adalah kali ke tiga digelar di Dusun Beron Desa Punggulrejo, Kegiatan yang awalnya di inisiatifi oleh para pemuda ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme untuk semua kalangan masyarakat baik tua maupun muda, bahwa meperingati hari proklamasi bisa diadakan dimanapun masyarakat berada. 

Semoga Spirit nasionalisme dan semangat positif para pemuda dusun beron ini bisa menular kepada seluruh masyarakat Desa Punggulrejo lainya. 

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus